.

Marshanda Melepas Jilbab, Publik Mengejek !

 

Artis berbakat, muda pemeran sinetron bidadari, yang lagi trend hari ini bukan karena karyanya, tapai tindak tanduknya. Dialah Marshanda... Setelah bercerai dengan Ben Kasyafani, artis muda ini melepas jilbabnya.

Terlepas dari aturan agama, jilbab adalah pakaian dan itu hak asasi. Marshanda melepas jilbab, Marshanda jualan jilbab, bahkan Marshanda makan jilbab sekalipun, itu adalah haknya.
Namun ada beberapa poin menarik dari aksi lepas jilbab Marshanda ini, sehingga aksi itu menjadi arena bully oleh masyarakat luas. Tak sedikit masyarakat mencaci, mengejek, dll. Lalu, siapa yang salah? Banyak alasan untuk itu;

Pertama, masyarakat Indoensia adalah mayoritas muslim dan religius. Masyarakat religius sangat sensitif jika ada sesuatu menelisik aturan agama. Marshanda melepas sandal, akan biasa saja, tapi Marshanda melepas jilbab, itu yang luar biasa. Kenapa, karena jilbab terkait urusan agama (syar’i).
Kedua, pemeran film Kisah Sedih di hari Minggu itu adalah seorang publik figur. Seorang publik figur akan selalu diikuti kamera, menjadi pusat perhatian. Marshanda adalah publik figur, flu saja pasti masuk tv. Belum hingat dari ingatan, saat Marshanda menyita perhatian dan banjir simpati saat memutuskan berjilbab, lalu menjadi motivator atau penceramah Islami.

Ketiga, aksi lepas jilbab Marshanda mengandung unsur pelecehan. Kenapa saya katakan demikian. Apa yang dikejar dari artis muda 24 tahun, yang tetap kondang meski berjilbab? Jilbab bagi Marshanda bukanlah penghalang bagi dirinya berkakrir. Perhatikan caranya lepas jilbab yang kemudian dipertontonkan di mall, youtube, sehingga kesan melecehkan dengan mempertontonkan jauh lebih besar.

Keempat, caca, sapaan akrab Marshanda adalah ibu dari seorang putri kecil, Sienna. Dalam pendidikan, ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Bagaiman nasib pendidikan karakter Sienna melihat ibunya bak terserang Bipolar seperti itu?

Publik tak layak disalahkan ketika mencibir saat melihat Marshanda melepas Jilbab-nya. Hanya Tuhan yang tahu. Bagaimanapun Marshanda pernah menjadi bagian dari keseharian kita. Satu pelajaran penting dari aksi lepas jilbab Marshanda ini, bahwa kita bisa lebih mudah menemukan kekurangannya ketimbang kekurangan kita sendiri.
Marshanda Melepas Jilbab, Publik Mengejek ! 4.5 5 EYH Libnan Marshanda melepas jilbab, Marshanda jualan jilbab, bahkan Marshanda makan jilbab sekalipun, itu adalah haknya. Namun ada beberapa poin menarik dari aksi lepas jilbab Marshanda ini Artis berbakat, muda pemeran sinetron bidadari, yang lagi trend hari ini bukan karena karyanya, tapa...