.

Kenapa Perempuan Tidak Disekolahkan?

 

Tengah malam aku sadar, blog-ku tidak pernah apdet. Mau menulis apa, serasa hilang tak ada inspirasi. Sampai kuteringat dengan seorang perempuan yang ingin sekolah tapi dilarang. "Kenapa perempuan tidak disekolahkan?"

Pertanyaan itu juga pernah menjajah pikiranku saat di lokasi KKL tiga tahun lalu. Sebuah kampung yang menjadikan anak perempuannya hanya tamat SMA paling tinggi. Berpikir masuk PT sangat wah bagi penduduk di sana. Bukan karena tidak mampu, tapi menganggap toh ujungnya menjadi istri di bawah kendali suami.

Kita bisa belajar dari Shohra Qadiri. Dia adalah perempuan Afghanistan dan menjadi top skor ujian masuk universitasdari 200.000 pendaftar laki-laki dan perempuan.Shohra hanya contoh dari delapan juta perempuan di Afghanistan, dan 40% nya adalah perempuan. Sembilan puluh enam universitas beroperasi di Afghanistan, mendidik lebih dari 200.000 siswa setiap tahun, dan sekarang, sekitar 20% dari mahasiswa Afghanistan adalah perempuan.

Itulah mengapa sangat penting menanamkan dalam sanubari sebelum menjadi orang tua bahwa perempuan  sekolah adalah hak. Perempuan berhak bekerja, walau kelak akan memiliki suami sebagai imam mereka juga.

Ilustrasi perempuan BISA
Kenapa Perempuan Tidak Disekolahkan? 4.5 5 EYH Libnan Tengah malam aku sadar, blog-ku tidak pernah apdet. Mau menulis apa, serasa hilang tak ada inspirasi. Sampai kuteringat dengan seorang perem...